Kamis, 09 September 2010

Sejarah kelapa sawit





Berdasarkan penelitian, daerah asal tanaman Kelapa Sawit adalah dari daratan Africa yaitu kawasan Nigeria di Africa Barat. Penyebarannya secara tidak langsung terkait dengan perdagangan budak dari Africa pada abad pertengahan. Dan menyebar ke kawasan Asia setelah Columbus menemukan Benua Amerika dan terbukanya perjalanan ke wilayah Asia oleh usaha bangsa-bangsa  Portugis,  Spanyol,  Inggris dan Belanda. Masuk ke Indonesia melalui Pemerintah Kolonial Belanda pada Tahun 1848 , dimana ada empat batang pohon kelapa sawit  yang dibawa dari Mauritius dan Amsterdam dan ditanam di Kebun Raya Bogor. Diusahakan secara komersial pada Tahun 1911. Perkebunan pertama berlokasi di Pantai Timur Sumatera ( Deli ) dan Aceh.
Tanaman  Kelapa Sawit  dapat diusahakan dan ditanam khususnya di negara-negara yang beriklim Tropis yang terletak diantara  10 derajat LU dan 10 derajat LS antara lain :
Afrika :
Gana, Kamerun, Nigeria
Amerika Selatan :
Columbia, costarica, honduras, equador
Asia Tenggara :
Indonesia, Malaysia, Thailand, Papua Nugini

Di Afrika Tanaman Kelapa Sawit tidak begitu berkembang dan produktifitasnya rendah karena sistem budidayanya yang tidak maju, karena sawit hanya ditanam sebagai tanaman liar (Palm groves). Di Amerika Selatan Tanaman kelapa Sawit tidak dapat berkembang denga baik karena adanya gangguan alam seperti angin topan dan penyakit. Di Asia Tenggara Tanaman Kelapa Sawit ini dapat berkembang  dengan baik sehingga saat ini Indonesia dan Malaysia  menjadi pensuplai utama minyak sawit (CPO)dunia. 







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar